10 Cara Membuat Blog Wordpress Melalui Cpanel

10 Cara Membuat Blog WordPress Melalui Cpanel

Posted on

WordPress adalah sebuah CMS (Content Management System) yang memungkinkan setiap orang untuk membuat sebuah blog atau website dengan mudah. Dengan WordPress, semua orang dapat membuat blog tanpa harus mengetahui coding dan bahasa pemrograman. Lantas bagaimana cara membuat blog WordPress?

Cara Membuat Blog WordPress Menggunakan Cpanel

Membuat blog wordpress dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satu yang paling mudah dan populer adalah dengan menggunakan Cpanel. Mayoritas penyedia hosting menggunakan Cpanel sebagai wadah data web setiap kliennya. Buat kamu yang belum tahu cara membuatnya, berikut adalah tahapan dan langkah-langkahnya:

1. Beli Domain

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika akan membuat sebuah blog premium atau berbabayar adalah mempersiapkan domain sebagai nama web kamu. Domain adalah nama atau alamat web kamu di internet. Nama web yang kamu buat ini harus unik dan tidak boleh sama dengan yang lain. Contoh domain adalah seperti, blogordpress-saya.com ataupun yang lainnya. Kamu bisa beli domain yang kamu inginkan di penyedia domain baik lokal ataupun luas negeri.

2. Sewa Hosting

Selain domain, kamu juga harus mempersiapkan hosting ketika akan membuat blog wordpress premium. Hosting merupakan tempat atau wadah yang akan kamu gunakan sebagai media penyimpanan seluruh data web sekaligus yang akan memberikan akses cpanel. Kamu kamu bisa sewa hosting di penyedia lokal ataupun di penyedia hosting luar negeri. Namun saya sarankan sesuaikan dengan target Market blog yang akan kamu buat.

3. Login Cpanel

Langkah cara membuat blog WordPress selanjutnya adalah tinggal login ke cpanel yang kamu dapatkan saat kamu sewa hosting. Biasanya detail akun termasuk link cpanel akan dikirim ke email yang kamu daftarkan saat membeli hosting. Silahkan buka email kamu, kemudian kamu buka link cpanelnya dan login dengan menggunakan akun yang diberikan oleh penyedia hosting.

4. Hubungkan Domain dan Hosting

Kamu tidak akan bisa mulai membuat blog jika hosting dan domainnya belum kamu hubungkan. Maka dari itu, pastikan kamu sudah menghubungkannya. Caranya kamu tinggal copy nameserver hosting kamu, kemudian kamu ganti name server domain kamu dengan masuk ke akun tempat sewa domain.

5. Cari Apps Installer

Kembali ke cpanel, setelah kamu menghubungkan antara domain dan hosting, maka tahapan selanjutnya tinggal kamu cari fitur app installer di cpanel. Di sana ada banyak panel untuk menginstal web. Agar lebih mudah kamu pilih saja wordpress. Klik pada menu wordpress.

6. Setting Web Lalu Install

Sebelum mulai proses instalasi, kamu lakukan pengaturan terlebih dahulu.  Silahkan pilih domain yang akan di instal, Pilih URL web (www, http, https), buat akun WP-admin (username dan password), pilih bahasa blog yang akan digunakan lalu pilih tema yang akan digunakan.

7. Mulai Proses Penginstalan

Setelah semua settingan penginstalan blog selesai, kamu klik pada menu instal. Proses instalasi akan berlangsung. Ini akan memerlukan beberapa waktu, kecepatannya bergantung pada koneksi internet yang kamu miliki. Semakin bagus koneksi jaringan internet kamu maka akan lebih cepat. Jika proses instal sudah selesai, maka akan muncul keterangan berhasil.

8. Login ke wp-admin

Setelah proses instalasi selesai, kamu tinggal login ke halaman wp-admin blog yang kamu buat. Kamu bisa login ke wp-admin blog kamu dengan menggunakan akun yang sudah kamu buat tadi pada saat setting penginstalan web. Cara login ke wp-admin ini sangat mudah sekali, kamu ketik di browser, www.situs-kamu.com/wp-admin, kemudian kamu masukan username dan password akun yang sudah kamu buat.

9. Lakukan Pengaturan Dalam Blog

Setelah kamu masuk ke halaman dashboard blog kamu, maka langkah berikutnya tinggal kamu atur blog kamu tersebut. Klik pada menu pengaturan, pada menu umum, kamu setting judul dan deskripsi blog kamu, lakukan pengaturan pada menu lainnya.

10. Mulai Buat Halaman dan Postingan

Setelah proses 1-9 diatas sudah selesai, artinya cara membuat blog wordpress ini sudah selesai. Kamu tinggal mulai membuat halaman dan membuat postingan pada blog kamu dengan mudah. Kamu atur tampilan dan menu apa saja yang akan kamu tampilkan pada blog wordpress yang sudah kamu buat tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *