Tips Menulis Makalah di Microsoft Word

8 Tips Menulis Makalah di Microsoft Word Agar Terlihat Menarik

Posted on

Tips Menulis Makalah – Artikel dan makalah adalah jenis tulisan non fiksi yang berisi informasi tertentu. Untuk membuat tulisan  yang menarik dan informatif, dibutuhkan cara dan tips tertentu. Jika anda saat ini akan membuat keduanya, simak dulu beberapa tips menulis artikel/makalah di Microsoft Word berikut ini.

Mengatur Teknik Penulisan di Microsoft Word

Sebelum membaca isi sebuah artikel dan makalah, pembaca pasti akan melihat format penulisan tulisan tersebut. Format ini meliputi jenis, ukuran, spasi, warna dan batas tepi. Mengenai format, beberapa tulisan memiliki aturan tersendiri. Itulah kenapa banyak artikel/makalah yang bervariasi.

Mengingat pentingnya format penulisan, penulis harus mengerti aturan baku misalnya batas tepi 4333  untuk artikel ilmiah level universitas. Bebas atau dengan aturan, penulis sebaiknya mengerti fitur-fiturMs Word untuk mengatur format tulisan. Secara umum, inilah cara dan fitur yang biasa digunakan.

1. Mengatur Tata Letak Halaman

Tata letak atau layout meliputi jenis dan ukuran kertas, orientasi kertas (tegak atau lanskap), dan batas tepi. Pengaturan ini dapat dilakukan di bagian Tab Layout. Untuk batas tepi, Anda bisa memilih ‘Margins’. Tersedia beberapa pilihan batas tepi misalnya 2,54 cm untuk atas, bawah, kanan dan kiri.

Jika tidak sesuai, Anda bisa mengaturnya sendiri di bagian ‘CustomMargins’. Jika satuan yang Anda gunakan masih inci dan ingin Anda ubah ke cm, ikuti arahan berikut: klik File-Options-Advanced-Display lalu pilih satuan yang diinginkan. ‘Orientation’ untuk orientasi kertas dan ‘Size’ untuk ukuran.

2. Menyisipkan Referensi (Kutipan)

Untuk artikel dan makalah ilmiah, referensi adalah hal yang penting. Anda tidak perlu mengetik sumber kutipan secara manual. Anda hanya perlu ke ‘’Tab References’ klik ‘Insert Citation’ dan pilih ‘Add New Source’. Lalu muncul kolom baru yang berisi info sumber kutipan (nama penulis, judul dsb).

Isi kolom tersebut. Lalu carilah paragraf yang berisi kutipan dari sumber tersebut. Klik kursor pada paragraf tersebut. Kembali ke ‘Tab References’, klik ‘Style’ untuk jenis kutipan, contohnya klik APA style. Klik ‘Insert Citation’ lagi, maka muncul sumber yang ditulis tadi sesuai dengan jenis kutipan.

3. Menyertakan Header dan Footer (Nomor Halaman)

Klik dua kali pada bagian atas/bawah halaman, maka Anda dapat menyisipkan header/footer yang diinginkan. Klik ‘Page Number’ untuk menyisipkan nomor halaman yang Anda inginkan. Selain itu Anda juga bisa melakukannya lewat ‘Tab Insert’ dan pilih ‘Header’ dan ‘Footer’ atau ‘Page Number’.

4. Mengatur Jenis Paragraf

Jenis paragraf meliputi rata kiri, kanan atau tengah. Pengaturan ini dapat dilakukan pada ‘Tab Home’ dan bagian ‘Paragraph’. Tersedia beberapa ikon sesuai dengan jenis paragraf yang diinginkan. Agar paragraf berbentuk kolom, klik Tab PageLayout-Columns dan pilih jumlah kolom yang diinginkan.

Tips Menulis Makalah/Artikel

Isi dalam artikel pun tidak kalah penting dari format penulisas. Agar didapatkan artikel/makalah yang enak dibaca dan berbobot, cobalah beberapa tips berikut. Dengan menerapkan tips ini, menulis artikel/makalah bisa jadi lebih mudah.

1. Lakukan Riset atau Mencari Sumber yang Cukup

Dalam menulis dibutuhkan ide atau landasan. Agar menjadi tulisan yang kuat dan berbobot dibutuhkan ide atau info yang berkaitan dengan topik yang akan Anda tulis. Oleh karena itu, bacalah minimal 3 sumber agar artikel Anda informatif. Gunakan sumber yang valid sesuai dengan topik.

2. Baca Artikel Serupa Sebagai Referensi

Setelah mendapat ide, mungkin Anda kesulitan dalam menuangkannya. Membaca artikel serupa akan memberikan Anda gambaran mengenai urutan penyampaian ide misal dari umum ke spesifik. Anda pun bisa melihat kelebihan dan kekurangan artikel referensi untuk memutakhirkan tulisan Anda.

3. Buat Draf

Draft meliputi poin-poin yang akan Anda sampaikan. Draft akan menggambarkan runtutan ide dalam tulisan Anda secara kasar. Setelah draft pertama selesai, Anda perlu menimbang dan membuat revisi jika memang diperlukan. Draft akhir akan menjadi panduan Anda selama proses penulisan artikel.

4. Baca Ulang atau Proofread

Setelah penulisan selesai, bukan berarti tulisan artikel/makalah Anda jadi. Ibarat roti, roti Anda masih panas dan belum bisa dinikmati. Tinggalkan tulisan beberapa saat, lalu baca kembali. Cari kesalahan atau penuangan ide yang tidak sesuai dan perbaiki. Anda juga bisa meminta bantuan proofreader.

Setelah membaca tips menulis makalah di Microsoft Word, hal terakhir yang wajib Anda lakukan adalah mencobanya. Tips tidak akan terasa tanpa praktek. Ayo segera tulis artikel/makalahmu dan selamat mencoba tips-tipsnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *