Ada Hal yang Baru Dari Google Drive

Ada Hal Baru Dari Google Drive

Posted on

Perubahan besar akan terjadi Google Drive, dan itu akan membuat perubahan tentang bagaimana Anda membagikan, mencadangkan, dan mengelola file dari komputer Anda. Jika Anda menggunakan sistem penyimpanan besutan Google, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang peningkatan terbaru—dan apa yang perlu Anda lakukan untuk mengatasinya.

Pembaruan Keamanan untuk File Bersama

Google mengubah cara kerja file dan folder bersama tertentu di Drive atau, lebih tepatnya, Google melakukan perubahan pada tahun 2017 dan sekarang menerapkannya sepenuhnya. Hal itu bisa menyebabkan tautan Anda yang lama bisa jadi tidak berfungsi lagi atau rusak.

Setiap kali Anda membagikan sesuatu di Google Drive, Anda dapat membagikannya dengan pengguna tertentu melalui akun Google mereka, atau Anda dapat membuat tautan. Siapa pun yang Anda berikan tautannya dapat mengakses file atau folder tersebut. Ini memudahkan, tetapi tidak aman karena beresiko (walaupun kecil) karena karakter tautan yang mudah untuk ditebak.

Sejak 2017, tautan telah dibuat agar tidak mudah ditebak. Mulai 13 September, tautan bersama untuk file dan folder yang dibuat sebelum peralihan 2017 akan memiliki kunci sumber daya yang ditambahkan ke dalamnya, yang berarti dalam beberapa kasus mereka mungkin akan rusak dan tidak bisa digunakan.

Pemberitahuan penerapan Security Update pada Google Drive. Sumber: Gmail

Akan ada notifikasi atau peringatan: Google Docs, Spreadsheet, Slide, dan Form tidak akan terpengaruh. Dan orang-orang yang telah menggunakan tautan lama ini akan tetap memiliki akses, seperti sebelumnya. Hanya jika Anda menggunakan kembali tautan lama dengan orang baru, akan sedikit ada masalah.

Masuk ke Google Drive di web dan Anda akan melihat pesan tentang ini (Anda mungkin juga telah menerima pemberitahuan email). Klik Lihat file untuk melihat daftar saham yang terpengaruh, atau cukup buka tautan ini di browser Anda. Anda juga dapat melihat apakah pembaruan keamanan telah diterapkan atau tidak (dan menghapusnya, jika Anda perlu mempertahankan akses gaya lama karena alasan apa pun).

Cari is:security_update_applied and is:security_update_applied type:folder pada Google Drive untuk melihat file dan folder mana saya yang mendapatkan update, Deadlinenya adalah hingga September ini. Google menjelaskan semuanya pada dokumentasinya, silakan Anda akses di link ini.

Google Drive untuk Desktop

Hal mengejutkan dan tentunya menyenangkan lainnya adalah hadirnya fitur Google Drive untuk Dekstop untuk Windows dan macOS. Aplikasi ini menggantikan alat bantu sebelumnya yaitu untuk pencadangan dan sinkronisasi. Alat/tool lama tersebut juga mungkin belum pernah Anda gunakan sebelumnya. Ini adalah sebuah perubahan besar yang diberikan Google pada Google Drive.

Program baru ini mempermudah akses file Drive Anda dari desktop. Anda dapat menyimpan beberapa atau semuanya disimpan secara lokal, yang berguna untuk file yang lebih besar dan jika ada masalah dengan koneksi internet Anda, dan Anda dapat dengan cepat mengunggah file seperti foto dan video dari komputer Anda ke cloud.

Jika Anda hanya pernah menggunakan Google Drive di web, maka Anda dapat terus menggunakan Google Drive di web, tetapi alat desktop baru menempatkan file Anda langsung ke File Explorer atau Finder, sehingga Anda dapat melihat dan mengeditnya seperti yang Anda lakukan dengan sesuatu yang disimpan secara lokal. Anda juga dapat mencadangkan folder tertentu ke Google Drive, termasuk yang ada di drive eksternal.

Screenshot Google Drive untuk Dekstop. Sumber: Gizmodo

Pada saat artikel ini dipublikasikan, Google Drive masih menunjuk ke alat Pencadangan dan Sinkronisasi yang lama, tetapi Anda dapat mengunduh perangkat lunak Google Drive untuk Desktop baru dari posting blog Google yang mengumumkan kedatangannya. Anda akan diperlihatkan langkah demi langkah bagaimana Google mempersiapkan aplikasi ini, yang tidak lebih dari sekadar masuk ke akun Google Anda.

Setelah Anda menginstal program, Anda akan melihat ada dua layar utama ke antarmuka: satu untuk mengemas folder dari komputer lokal Anda (dan semua drive yang terpasang), dan satu untuk mengatur bagaimana file yang sudah disimpan di Google Drive disinkronkan ke Windows atau macOS. Salah satu manfaat dari program desktop baru ini adalah Anda dapat menginstalnya di komputer sebanyak yang Anda suka dan melihat file Anda dari mana saja.

Pada tab Google Drive, opsi Stream file dipilih secara default. File Anda sebenarnya tidak disimpan secara lokal, tetapi muncul di File Explorer dan Finder, dan dapat diunduh sementara sesuai kebutuhan. Anda juga dapat menentukan file dan folder tertentu yang selalu disimpan secara lokal. Opsi lainnya, file Cermin, berarti semua yang ada di Google Drive di web juga disimpan ke folder Drive di Windows atau macOS, yang lebih baik untuk sering menyinkronkan atau menggunakan komputer Anda jauh dari sinyal wifi, jika bukan karena hard drive ruang penyimpanan.

Semoga artikel ini bermanfaat.