Cara Membuat Presentasi Menarik

Cara Membuat Presentasi Menarik dengan Power Point 100% Unik

Posted on

Cara Membuat Presentasi Menarik dengan Power Point – Ingin melakukan persentase untuk tugas kampus atau persentase di depan klien? Slide persentase tentu harus diperhatikan dengan baik. Buatlah  slide persentase yang keren dan menarik agar memberikan kesan luar biasa. Cara membuat presentasi menarik dengan power point bisa anda lakukan dengan mudah.

Jika anda belum paham cara membuatnya, artikel ini akan membantu anda membuat sebuah slide persentase dengan mudah menggunakan power point versi betapapun. Penasaran? Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Buat Slide Pembuka yang Menarik Perhatian

Cara yang pertama adalah membuat slide pembuka yang menarik perhatian. Ini syarat pertama desain presentasi menarik atau sebaliknya. Oleh sebab itu, pastikan desainnya tepat dan disukai oleh audience.

Jika slide pertama saja gagal, maka otomatis konten berikutnya tidak lagi menarik. Bahkan audience mendengarkan presentasi dengan tidak serius. Jika ini yang terjadi kemungkinan presentasi gagal sangat besar.

Silakan buat slide pembuka dengan gambar mencolok dan warna yang cerah. Namun pastikan kesannya tidak berlebihan. Yang penting audience mengerti kalau desain modern dan canggih.

2. Tetap Gunakan Tema Custom

Sesederhana apapun materi presentasi yang disampaikan, pemasangan tema custom jangan sampai ketinggalan. Karena ini yang membuat desain presentasi via power point terlihat lebih unik dan enak dilihat.

Bisa dibayangkan rasa bosan audience jika konten berisi kertas blank dengan tulisan saja. Yang ada pemateri dianggap presentator yang tidak inovatif dan tentunya pula tidak kreatif. Sebuah stigma jelek akan diberikan bahkan akan mendapatkan nilai buruk dari atasan.

Untuk tema custom di power point sudah tersedia. Jika ingin yang lebih bermotif dan unik silakan unduh di Internet. Setelah itu simpan di power point agar bisa digunakan jika dibutuhkan.

3. Terapkan Program Slide Master

Cara membuat presentasi menarik dengan power point yang ketiga adalah menerapkan program Slide Master. Ini dibutuhkan jika waktu presentasi mendesak dan tidak cukup untuk mengedit slide satu persatu.

Jika menggunakan program slide master, presentator cukup membuat satu desain slide saja. Silakan keluarkan segala kreativitas di sana. Namun, pembubuhan template, huruf, image pastikan semenarik mungkin.

Jika sudah selesai dan fitur sudah diaktifkan maka otomatis desain tercopy pada semua slide. Jadi yang berbeda hanya tulisan atau isi materinya saja. Sedangkan desain dari slide awal sampai terakhir adalah sama.

4. Lakukan Editing Slide Satu Persatu

Jika banyak waktu luang bolehlah membuat slide dengan berbagai macam desain. Bahkan satu desain untuk satu slide pun bisa dilakukan. Ini lebih menarik daripada satu desain untuk semua slide materi.

Kesannya presentasi lebih menarik dan hidup. Bahkan presentator dianggap mahir dalam mengelola desain power point. Tentu ini prestasi lebih yang membuat klien lebih suka dan loyal. Bukan tidak mungkin klien bersedia kerja sama hanya karena presentasi memuaskan.

5. Aktifkan Skema Warna

Skema Warna atau Color Scheme adalah fitur yang dimiliki power point. Dengan tool ini presentator tidak perlu bingung ketika membubuhkan warna pada desain slide. Karena di dalam aplikasi sudah ada dan tinggal dipasangkan saja.

Lain soal jika piawai memainkan warna maka boleh dilakukan secara manual. Jika hasilnya bagus tentu apresiasinya lebih tinggi. Karena yang digunakan adalah gradasi warna alami yang tidak disediakan oleh aplikasi.

Semuanya terserah presentator. Apakah menggunakan fitur Color Scheme atau mengatur warna sesuai kreativitas. Tool-nya juga disediakan dengan unit warna yang juga lengkap.

6. Selipkan Gambar Kreatif Pada Slide

Cara membuat slide power point menarik yang terakhir adalah menyelipkan gambar kreatif pada slide. Ini lebih persuasif dibandingkan dari awal sampai akhir hanya membaca materi di dalam slide saja.

Dengan adanya gambar tentu pemahaman materi audience lebih bagus. Karena tidak dimungkiri  bahasa gambar dengan bahasa aksara maupun lisan masih lebih komunikatif bahasa gambar. Apalagi jika materi presentasi seputar tutorial dan tips tertentu.

Jika ingin presentasi silakan terapkan cara membuat presentasi menarik dengan power point terlebih dahulu. Baru berharap materi presentasi diserap audience dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *