Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

10 Langkah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar & Menarik

Posted on

Cara membuat surat lamaran kerja tidak bisa dilakukan dengan sembarangan . Jika kamu ingin mudah di terima, maka kamu harus membuat surat lamaran kerja dengan benar dan menarik. Karena dalam penulisannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, selain itu surat lamaran kerja juga memiliki format baku yang harus kamu perhatikan.

10 Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja

Risikonya, jika surat lamaran kerja yang kamu buat tersebut tidak mengacu pada format yang benar, dan tidak menarik, kecil kemungkinan kamu akan di terima masuk kerja. Lantas bagaimana cara buat surat lamaran kerja yang benar dan menarik? Berikut ada 10 langkah penting yang bisa kamu ikuti.

1. Pahami Format Surat Lamaran Kerja

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa surat lamaran kerja memiliki format penulisan baku yang harus di taati oleh setiap orang yang membuatnya. Adapun format surat lamaran kerja yang benar adalah sebagai berikut:

  • Tanggal pembuatan surat
  • Alamat surat (perusahaan yang di tuju)
  • Salam pembuka
  • Pembuka surat
  • Biodata penulis surat
  • Permohonan kerja dan info lowongan
  • Kelengkapan dokumen pendukung
  • Ucapan terimakasih
  • Salam penutup

2. Cek Informasi Lowongan Kerja

Sebelum mulai menulis surat lamaran, langkah penting yang harus kamu lakukan adalah mengecek informasi lowongan kerja. Kamu harus tahu dari mana kamu menerima informasi lowongan kerja tersebut. Hal ini akan di cantumkan pada surat lamaran kerja yang akan kamu buat. Kamu juga harus pastikan bahwa informasi yang kamu dapatkan tersebut memang valid dan terpercaya.

3. Gunakan Bahasa Formal Yang Mudah Dipahami

Salah satu cara membuat surat lamaran kerja yang harus diperhatikan dengan baik adalah masalah penulisan. Banyak orang yang di tolak lamaran kerjanya, karena mereka tidak menulis dengan baik surat lamarannya. Perusahaan tertentu ada yang meminta bahwa lamaran kerjanya di tulis manual dan ada juga yang tidak. Pastikan kamu gunakan bahasa formal dan gaya penulisan yang mudah di baca. Hindari penulisan surat lamaran kerja dengan menggunakan huruf tegak bersambung.

4. Tulis Tanggal dan Tujuan Surat

Jika poin 1-3 sudah kamu pahami dengan baik, mulailah menulis surat lamaran kerja. Cara buat surat lamaran kerja pertama yang harus kamu tulis adalah tanggal surat dan tujuan surat lamaran kerja tersebut. pada penulisan tanggal, gunakan format tempat, tanggal-bulan-tahun. Contoh: Bandung, 25-Mei-2020.

Setelah itu tekan Enter satu kali, tuliskan tujuan surat lamaran kerja kamu. Tulis nama HRD dan nama perusahaan, serta alamat kantornya.

5. Berikan Salam Pembuka

Salam pembuka yang kamu gunakan harus menggunakan kata formal, jangan pake bahasa informal. Tulis saja salam pembuka dengan bahasa “salam Hormat” atau lainnya yang bersifat formal.

6. Tulis Pembuka Surat Lamaran

Setelah salam pembuka, kamu tuliskan juga pembuka suratnya. Dalam pembuka surat tersebut kamu harus menuliskan dari mana kamu mendapatkan lamaran kerja dan tujuan kamu ingin melamar pekerjaan di sana.

7. Tulis Biodata Singkat

Setelah salam pembuka, selanjutnya kamu harus menuliskan biodata kamu. Tidak perlu banyak-banyak, cukup masukan biodata kamu yang penting-penting saja, contohnya seperti ini:

  • Nama
  • Tempat tanggal lahir
  • Pendidikan
  • Alamat email/nomor telepon

8. Tuliskan Permohonan dan Jelaskan Keahlian

Setelah mencantumkan biodata, kamu juga harus menuliskan permohonan akan keinginan kamu ingin bekerja di sana. Contohnya, dengan ini saya mengajukan surat permohonan lamaran kerja,,,bla,,,bla,,,bla lanjutkan saja.

9. Lengkapi Dengan Dokumen Pendukung

Bukan hanya menulis permohonan, kamu juga harus melampirkan dokumen pendukung akan surat lamaran kerja yang kamu buat. Tujuannya adalah agar pihak recruitment tertarik dengan lamaran kamu dan memastikan bahwa kamu adalah yang mereka butuhkan. Beberapa dokumen yang harus dilampirkan adalah:

  • Surat  keterangan sehat
  • CV (Curiculum Vitae)
  • Fotocopy Ijazah dan transkrip nilai
  • SKCK
  • Foto 4×6
  • Fotocopy KTP dan NPWP
  • Fotocopy sertifikat penghargaan (jika ada)
  • Fotocopy kartu kuning

10. Tulis Salam Penutup

Langkah penting cara membuat surat lamaran kerja terakhir yang jangan kamu lewatkan adalah salam penutup. Dalam penulisannya, jangan lupa kamu sampaikan rasa terimakasih dan harapan kamu untuk bisa di terima kerja di sana. Bubuhkan tanda tangan kamu di sana dengan tinta hitam jangan yang lain.

Dmikianlah 10 Langkah Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar dan Menarik, semoga bermanfaat dan lamaran pun dapat diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *