Cara Ngeprint Microsoft Excel 2010 Dengan Mudah

6 Langkah Cara Ngeprint Microsoft Excel 2010 dengan Mudah

Posted on

Mencetak dokumen dengan menggunakan Microsoft Excel memiliki sedikit perbedaan dengan proses mencetak dokumen dengan menggunakan Word. Hal paling membedakan adalah cara setting layout dari halaman Microsoft Excelnya. Bagaimana cara ngeprint Microsoft Excel 2010?

Artikel ini akan menjelaskan tahapan dan langkah-langkah cara mencetak dokumen Microsoft Excel dengan mudah. Mulai dari penyiapan dokumen hingga proses pengaturan layout dan proses Printing dokumen Microsoft Excel dengan mudah.

Menyiapkan Dokumen yang Akan di Cetak

Pertama, Anda persiapkan dokumen yang akan Anda cetak terlebih dahulu. Dokumen ini harus sudah siap untuk dicetak. Jika Anda belum membuat dokumennya, maka minimal anda ketik terlebih dahulu.

  • Buka aplikasi Microsoft Excel
  • Klik menu file
  • Klik open
  • Pilih dokumen Microsoft Excel yang sudah Anda buat
  • Klik OK
  • Tampilan dokumen pun akan terlihat di lembar kerja Microsoft Excel
  • Jika belum jadi, silahkan buat terlebih dahulu

Baca juga: Cara Mengubah Format Mata Uang Pada Excel

Pemilihan Kertas

Setelah dokumen yang akan Anda cetak sudah siap, selanjutnya Anda pilih jenis kertas yang akan anda gunakan untuk mencetaknya. Beda jenis dokumen beda pula jenis kertas yang akan Anda gunakan untuk mencetaknya. Maka dari itu, atur dulu jenis kertas yang akan Anda gunakan, caranya seperti ini:

  • Pilih dan klik pada menu page layout di bar menu
  • Kemudian pilih dan klik pargin
  • Silahkan pilih jenis kertas (A3, A4, A5, Legal atau lainnya) dan pilih posisi kertas (lanscape atau portrait) yang akan digunakan
  • Setelah itu klik pada menu OK

Blok Semua Data yang Akan Di Cetak

Setelah jenis kertas selesai Anda pilih, tahapan selanjutnya Anda harus blok semua tulisan yang akan Anda cetak pada Microsoft Excel. Ini untuk menandai teks atau dokumen yang akan Anda cetak dengan mudah.

  • Klik dan tahan pada tulisan yang akan Anda cetak
  • Kemudian scroll sampai semua data yang Anda ingin cetak terblok
  • Lepaskan mouse jika semua dokumen ke blok

Set Area Print Dokumen

Langkah cara ngeprint Microsoft Excel selanjutnya tinggal Anda set area yang akan Anda cetak tersebut. Tahapan ini hanya ada pada Microsoft Excel dan tidak akan anda temukan pada Microsoft Office lain.

  • Silahkan klik dan pilih pada menu page layout
  • Kemudian pilih print area
  • Setelah itu muncul pop up menu
  • Pilih set print area

Setting Perintah Printing

Setelah area print sudah anda tandai dengan baik, maka langkah selanjutnya tinggal Anda setting perintah Printing pada dokumen yang akan anda cetak tersebut. Cara mengatur perintah print tersebut adalah seperti ini:

  • Pilih menu file di pojok kiri atas
  • Kemudian pilih menu print
  • Atur nomor halaman yang akan dicetak
  • Klik print preview untuk melihat dokumen yang akan di cetak

Atur Margin

Sebelum mencetak dokumen Excel, terlebih dahulu Anda harus mengatur margin dari dokumen yang akan anda cetak. Jika tidak di atur, maka bisa jadi  hasil cetaknya gagal dan tidak sesuai dengan yang diinginkan. Adapun beberapa hal yang harus disetting dari margin dokumen Excel yang akan digunakan di antaranya adalah:

  • Klik show margin
  • Perhatikan tampilan dokumen yang tampil pada bagian print preview
  • Di bagian tersebut, ada garis margin yang tampil
  • Silahkan klik dan tarik garis margin tersebut sesuai dengan kebutuhan
  • Sesuaikan garis margin sesuai kebutuhan Anda

Mulai Print

Jika semua dokumen sudah selesai Anda atur sampai dengan margin dokumennya, maka selanjutnya tinggal print langsung.

  • Klik pada menu file
  • Lalu klik  print
  • Periksa kembali dokumennya
  • Klik OK
  • Proses Printing akan dimulai

Itulah beberapa proses dan tahapan cara ngeprint Microsoft Excel dengan menggunakan Microsoft Excel 2010. Sangat mudah buka? Silahkan ikuti tahapan dan langkah-langkahnya secara bertahap.