Fitur Google Maps yang Belum Kamu Ketahui

8 Fitur Google Maps yang Belum Kamu Ketahui

Posted on

Walaupun Apple Maps sudah melakukan beberapa pengembangan belakangan ini, tidak memungkiri bahwa Google Maps adalah aplikasi peta terbaik di pasar saat ini. Walaupun memang hal ini juga dikarenakan karena pengguna smartphone terbesar adalah dari Operating System buatan Google yaitu Android yang sudah menjadi Google Maps sebagai aplikasi peta bawaan.

Google Maps sudah melakukan beberapa inkarnasi sejak 2005. Sejak itu pula Google menambahkan banyak utiliti untuk mendukungnya. Tetapi karena Google tidak ingin memberikan interface/antarmuka yang berantakan, beberapa fitur Google Maps tersembunyi tidak ditampilkan semua di halaman awal ketika membukanya.

Nah, apa saja sih fitur Google Maps yang mungkin belum kamu ketahui. Kita akan simak satu per satu di bawah ini:

Mengukur Jarak Antara Dua Lokasi Dengan Cepat

Jika kamu ingin mengetahui jarak antara dua lokasi dengan cepat, maka Google Maps adalah jawaban yang sangat tepat. Hanya dengan membuka Google Maps dan kemudian tentukan dua lokasi yang ingin kamu ukur jaraknya maka kamu akan dengan cepat dan mudah menemukan jawabannya.

Mudah dan sangat praktis bukan?

Menjelajah Dengan Augmented Reality

Pada Oktober 2020 Google memperkenalkan Live View. Sebuah fitur dengan menggunakan augmented reality untuk menjelajah jalan yang ingin kamu cari atau kota yang ingin kamu tuju.

Di bawah ini adalah contohnya:

8 Fitur Google Maps yang Belum Kamu Ketahui 1
Contoh fitur Live View yang menggunakan Augmented Reality

Apabila fitur Live View ini tersedia di areamu, dapat diakses dengan membuka tab transit saat sedang melakukan perjalanan dengan berjalan kaki. Contoh lainnya bisa kamu lihat di bawah ini:

8 Fitur Google Maps yang Belum Kamu Ketahui 2
Dapat diakses dengan klik tab “Transit”

Sayangnya, fitur ini masih belum bisa dinikmati di Indonesia. Kita berharap agar fitur ini juga dapat dirasakan di Indonesia segera. Kami saat ini belum mendapat bocoran kapan fitur ini bisa hadir di Indonesia. Tentunya akan sangat seru jika kita bisa merasakan fitur canggih ini.

Baca juga: Tutorial Membuat Iklan Dengan Google AdMob

Melihat Isi di Dalam Sebuah Gedung

Fitur Google Maps juga bisa membantu kamu untuk melihat ada apa di dalam sebuah gedung. Sebagai contoh, jika kamu ingin melihat apa yang ada di dalam Monas, kamu cukup klik pada tab photos maka kamu bisa melihat apa saja yang ada di dalam Monas.

Kamu juga bisa melihat dalam isi gedung tersebut 360 derajat jika memungkinkan. Serasa kamu sedang berada di dalam gedung tersebut.

Mengganti Ikon Kendaraan

Ini adalah sebuah fitur yang menyenangkan. Kamu bisa mengganti ikon segitiga biru yang menandakan kendaraan kamu dengan ikon yang lainnya.

Tentu sangat menyenangkan, ketika kamu bisa berganti-ganti ikon agar tidak terlihat monoton.

Menyimpan Lokasi Favorit

Fitur yang satu ini memudahkan kamu ketika kamu menuju tempat yang sering kamu kunjungi. Hanya dengan mengetuk lokasi yang kamu tuju kemudian kamu pilih tanda bintang. Maka akan otomatis menjadi lokasi favorit kamu.

Tempat-tempat yang ada pada favorit kamu akan menjadi pintasan untuk mempercepat penunjuk arah yang kamu mau.

Membantu Kamu Mengingat Dimana Kamu Parkir

Ketika kamu memarkir kendaraan kamu, ketuk tanda biru dimana kamu berada. Kemudian pilih “Set as parking location” untuk mengingatkan bahwa kamu parkir di situ.

Sehingga ketika kamu kembali, kamu akan dengan mudah menemukan lokasi kamu memarkir kendaraanmu.

Mencari Tempat Parkir di Sekitar Lokasi Tujuanmu

Dengan membuka Google Maps pada area kamu tuju, kamu akan dengan mudah mencari lokasi parkir yang ditandai dengan ikon “P”.

Ikon itu menandakan bahwa ditempat tersebut disediakan parkir, sehingga kamu tidak perlu repot-repot berkeliling untuk mencari tempat parkir, lebih efektif dan menyingkat waktu tentunya.

Melihat Peta di Google Maps Secara Offline

Fitur keren lainnya dari Google Maps adalah kamu bisa mendownload peta dan kemudian melihatnya tanpa memerlukan jaringan.

Ini tentunya akan sangat berguna apabila kamu menuju sebuah tempat yang kamu khawatirkan bahwa tempat tersebut akan kesulitan menerima jaringan secara online. Sehingga kamu bisa melihatnya walaupun tanpa adanya sinyal internet di hapemu.

Untuk melakukannya kamu cukup memilih tujuan yang kamu inginkan, kemudian akan terlihat petunjuk arah menuju tempat tersebut kemudian kamu tinggal cari tulisan “Download” untuk mendownload petunjuk arah tersebut agar dapat kamu gunakan tanpa jaringan internet. Sangat membantu sekali tentunya.

Demikian fitur-fitur Google Maps yang mungkin belum kamu ketahui karena lokasi fitur yang tersembunyi sehingga mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahuinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *